Sabtu, 19 November 2011

Lodd City Centre
Lod (dalam bahasa ibrani: לוד Arab: اَلْلُدّْ /Al-Ludd, Greco/Latin: Lydda) juga dieja dan disebut Ludd ialah sebuah kota di distrik tengah Israel, sekitar 22 kilometer tenggara di Tel Aviv dan 3 kilometer utara Ramla/Ramllah. Pada akhir tahun 2007, kota ini memeliki jumlah penduduk sekitar 67.000 jiwa, dimana 80% daripadanya adalah kaum Yahudi, dan sisanya lagi dari umat Arab Palestin.

Nama lama kota ini selama ribuan tahun adalah Lydda, Lydea, dan Allydd, dan kota ini juga terkenal dengan nama Diospolis. Dalam injil 1 Tawarikh 8 kota ini disebutkan sebagai tempat tinggal dari suku Bunyamin (anak kepada Nabi Ya'kub AS dan adik kepada Nabi Yusuf AS). Konon, di tempat inilah Santo Peter (Santo Petrus) menyembuhkan seseorang yang mempunyai penyakit lumpuh, seperti yang telah disebutkan Injil pada kisah para rasul 9:32-38.

Di tempat ini terdapat sebuah gereja yang dikenal sebagai gereja Santo Georgious dan sebuah masjid yang dikenal dengan nama Mesjid El-Chodr. Kedua tempat peribadatan itu membentuk kompleks bangunan dan memiliki pintu masuk yang unik.

Kota ini dikenal akan bandara internasionalnya yang sering dikaitkan dengan Tel Aviv yakni Bandara Ben Gurion sejauh ini ada jalan raya dan jalur Kereta Api yang menghubungkan kota ini dengan Tel Aviv.

Lapangan terbang utama Israel, lapangan terbang Internasional Ben Gurion (dahulunya dikenali sebagai lapangan terbang Lydda, RAF Lydda, dan Lapangan Terbang Lod) terletak di kota ini. Mengikut perspektif islam di pagar/tembok kota inilah akan terjadinya pembunuhan Dajjal oleh Nabi Isa AS seperti yang tertulis dalam hadits dari Nawas Bin Sa'man, ia berkata : Rasulullah Saw bersabda :"Kemudian Beliau (Nabi Isa AS) mencari Dajjal dan menemukannya di Babu Ludd (daerah dekat Baitul muqaddas) lalu membunuhnya." Wallahu'alam.

Pemandangan di sekitar kota Lod
Ben Gurion Interntional Airport

Tidak ada komentar:

Posting Komentar